Sosok Komjen. Pol Boy Rafli Amar di Mata Aktivis Kota Makassar

10

Walau tak pernah menjabat sebagai pejabat strategis dikepolisian dalam lingkup wilayah Sulawesi Selatan, bapak Komjen. Pol Boy Rafli Amar mendapat banyak dukungan baik dari kalangan aktivis Millenial, aktivis Kampus, LSM sampai dengan penggiat-penggiat lainnya.
Seperti yang disampaikan oleh Muallim Bahar, SH selaku Direktur LBH GPK bahwa sosok komjen. Pol Boy Rafli Amar adalah sosok yang pas menjadi pemimpin di pucuk pimpinan POLRI selain memang pengabdiannya terhadap bangsa yang tak dapat kita ukur dengan materi, juga beliau adalah sosok akademisi yang bergelas Doktor, yang menurut saya dalam disiplin ilmu yang dimiliki beliau pastikan akan mampu mengurai dan mewujudkan Masyarakat adil Makmur yang sifatnya humanis dan berdasar Undang Undang.

Sebab berkaca dari beberapa riwayat jabatan beliau yang hingga saat ini menjabat sebagai Kepala BNPT, itu merupakan pencapaian yang luar biasa dan tidak dimiliki oleh jendral-jendral yang lain. Sebab diberi amanah oleh presiden sebagai orang nomor satu RI itu merupakan hal yang patut untuk di apresiasi.
Kami berharap, kelak ketika beliau diamanahkan menjadi sosok KAPOLRI, agar dapat melanjutkan visi misi yang selama ini dilakoni oleh kapolri idham Aziz yang saat ini menjabat dan juga dapat melanjutkan nawacita presiden dalam hal penegakan hukum, mewujudkan masyarakat adil makmur yang humanis dan berdasar undang undang.

Nama Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar masuk dalam daftar delapan perwira tinggi calon pengganti Kapolri Idham Azis yang dirilis oleh Indonesia Police Watch (IPW). Diketahui Idham akan menjalani masa pensiun pada Januari 2021 mendatang.

Posisi Komjen. Pol. Boy Rafli Amar sebagai Kepala Nasional Penanggulangan Terorisme(BNPT) dan telah menyandang bintang tiga di pundak dinilai sangat strategis untuk menduduki pucuk pimpinan Polri ke depan.

“Delapan nama yang dirilis IPW kemarin adalah hasil pendataan terhadap nama-nama yang muncul dalam bursa pergunjingan calon Kapolri pengganti Idham yang muncul dan berkembang di internal kepolisian,” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis kepada Tagar, Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2020.

Integritas dan popularitas sosok komjen. Pol boy rafli Amar tak mesti lagi dipertanyakan sebab pangabdiannya dari ibu kota hingga kepelosok negeri tak mesti dipertanyakan lagi, karirnya dan pengabdiannya dari sabang sampai meraoke tak pernah mendapat cacat atau kritik keras terhadap kebijakannya selama memimpin beberapa POLDA dan POLRES.

Berikut pencapaian bapak Komjen. Pol Boy Rafli Amar selama di institusi kepolisian sampai saat ini.

Pamapta Polres Metro Jakpus Polda Metro (1988)Kanit Ranmor Sat Serse Polres Metro Jakpus Polda Metro Jaya (1989)Kanit Resintel Polsek Metro Gambir Polda Metro Jaya (1990)Kasetops Puskodal OPS Polres Metro Jakpus Polda Metro Jaya (1992)Kasubnit Ranmor DIT Serse Polda Metro Jaya (1993)PAMA POLDA IRJA (1997)Pama Polda Irja (1997)Kapuskodal OPS Polres Sorong Polda Irja (1997)Waka Polres Sorong Polda Irja (1998)Kasat GAOPS Puskodal OPS Polda Irja (1999)PGS.Koorspripim Polda Irja (2000)Ps. Kabag Serse UM DIT Serse Polda Papua (2001)Pamen Sespim Dediklat Polri (2002)Kasat Patroli DIT Samapta Polda Metro Jaya (2002)Kasat Patko DIT Samapta Polda Metro Jaya (2002)Kasat V/Ranmor DIT Reskrimum Polda Metro Jaya (2003)Wakapolres Metro Jakut Polda Metro Jaya (2004)Kapolres Kepulauan Seribu Polda Metro Jaya (2004)Kapolres Pasuruan Polwil Malang Polda Jaktim (2006)Kanit Negosiasi Subden Penindak Densus 88/Antiteror (2007)Dir Reskrim Polda Maluku Utara (2008)Kapoltabes Padang Polda Sumatera Barat (2008)Kabid Humas Polda Metro Jaya (2009)Kabagpenum Ropenmas Div Humas Polri (2010)Karopenmas Div Humas Polri (2012)Kapolda Banten (2014)Kadiv Humas Polri (2016) dan kini menjadi kepala BNPT (2020).